Kamis, 02 Desember 2010

Fungsi Dominant Chord Sebagai Jembatan

Kali ini gue ngebahas tentang salah satu fungsi chord dominant dalam sebuah lagu. Chord dominant tuh chord yang biasanya ditulis pake angka tujuh, sembilan, tiga belas, dsb. contohnya C7, C9, A9, B13 dsb.
Nah, dalam teori musik modern, chord dominant mempunyai fungsi sebagai jembatan (meskipun ada fungsi lainnya). Seperti halnya sebuah jembatan, maka chord dominant juga punya fungsi menghubungkan antara chord yang satu dengan yang lainnya. Dalam menggunakan chord dominat sebagai jembatan, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi, diantaranya: 
1. Chord dominant harus diletakkan di antara 2 buah chord.
2. Dua chord yang akan dihubungkan bebas, bisa mayor bisa minor. 
3. Nada dasar chord dominat yang mau dipake, mempunyai jarak 3,5 nada/ 7 fret (untuk dominant 7); 4,5 nada/ 9 fret (untuk dominant 9), dan 6,5 nada/ 13 fret (untuk dominant 13) dari nada dasar chord berikutnya.

Contoh:
Misalnya dalam lagu ada chord C kemudian pindah ke F. Nah., untuk perpindahan ini kita bisa pake jembatannya C7. Kenapa C7? Karena C punya jarak 3.5 nada/ 7 fret dari nada F.
 
Berikut contoh contoh lain:
Chord PertamaChord JembatanChord Ke-2
FF7Bb
AmA7Dm
EmG7C

Membaca Progresi Chord

Mungkin bagi gitaris yang sudah mahir, tips ini sudah pasti dikuasai, dan bahkan tidak diperlukan karena sense of feeling-nya sudah sangat baik. Tapi bagi gitaris pemula, semoga tips ini bisa membantu untuk mencari progression chord ( kunci ) pada suatu lagu.
Tips ini berlaku pada kebanyakan lagu pop Indonesia, karena kebanyak lagu pop Indonesia memiliki progression pada tangga nada diatonis yang mudah diprediksi kemana chord-nya akan bergerak.
Syarat awal untuk bisa melakukan tips ini adalah gitaris harus paham konsep nada mayor dan minor seperti yang udah gue jelasin di postingan sebelumnya
Setelah paham konsep nada mayor dan minor, ikuti langkah berikut 
1. Cari tahu nada dasarnya 
Baca postingan sebelumnya.
2. Susun sebuah urutan nada dari nada dasar tersebut. 
Baca postingan sebelumnya. 
3. Menentukan perubahan mayor minornya. 
Tentukan mayor minornya dengan pola berikut: Mayor minor minor Mayor Mayor minor diminished

Jika contoh di atas diterapkan, dengan nada dasar C, progresinya adalah:
C Dm Em F G Am Bm7-5
atau begitu pula dengan yang minor.

Tips ini memang tidak bisa berlaku pada semua lagu. Tapi karena kebanyakan lagu pop Indonesia progresinya pada diatonis natural dan hanya terdapat satu progresi di dalammya. Sehingga jika kita menemukan lagu dgn chord awal C, maka hampir bisa dipastikan chord-chord dalam lagu tersebut adalah salah satu dari susunan di atas. Jadi hampir jarang ditemukan chord D mayor pada lagu dgn nada dasar C Mayor. Kecuali di lagu tersebut menerapkan substitusi, paralel minor/mayor, dan diatonis yang tidak natural.

Cara Menyetem Gitar

Di postingan kali ini gue mau berbagi tentang cara nyetem atau istilah kerennya tuning. kan nggak afdhol belajar main gitar tapi belum bisa nyetem dengan baik.
Sebenernya kalo kaya gitar listrik buat nyetemnya sih gampang, karena udah banyak efek yang nyediain pilihan buat tuning. Tapi masalahnya kalo kita pake gitar kopong?
Sebenernya ada syarat utama untuk pake tips ini, yaity tau seteman standar tiap-tiap senar. Nah ini adalah nada standar tiap-tiap senar dari senar 6 sampe 1: E-A-D-G-B-E
trus harus tau juga nih suara dari:
senar 6 fret 5 bunyinya sama dengan senar 5 fret 0
senar 5 fret 5 bunyinya sama dengan senar 4 fret 0
senar 4 fret 5 bunyinya sama dengan senar 3 fret 0
senar 3 fret 4 bunyinya sama dengan senar 2 fret 0
senar 2 fret 5 bunyinya sama dengan senar 1 fret 0

Cara Menentukan Nada Dasar

Dalam bermain musik, khususnya gitar sangat penting untuk mengetahui nada dasar dari lagu yang akan kita mainin. Karena kalo salah ngedeteksi nada dasar sebuah lagu, maka dijamin anda bakalan bermain musik dengan sangat aneh, karena tidak akan ada satupun nada yang kita mainin sebagai improvisasi yang masuk ke nada dasar lagu yang kita mainin.
Mungkin anda sudah sangat familiar dengan yang namanya major atau minor . Yakni 3 nada yang dirangkai sebagai bagian dari improvisasi. Gue udah ngebahas hal ini di postingan sebelumnya. Termasuk juga rumus ini:
nada ke -1 jika berfungsi sebagai root akan bisa dibentuk chord Major
nada ke -2 jika berfungsi sebagai root akan bisa dibentuk chord Minor
nada ke -3 jika berfungsi sebagai root akan bisa dibentuk chord Minor
nada ke -4 jika berfungsi sebagai root akan bisa dibentuk chord Major
nada ke -5 jika berfungsi sebagai root akan bisa dibentuk chord Major
nada ke -6 jika berfungsi sebagai root akan bisa dibentuk chord Minor
nada ke -7 jika berfungsi sebagai root akan bisa dibentuk chord diminished
atau secara singkat 1,4,5 selalu major; 2,3,6 selalu minor dan 7 selalu diminished.

Contoh:
Coba anda perhatiin dan nebak nada dasar apa lagu berikut ini :
D - G - Bm - A - D. 
Misalkan kita berasumsi bahwa progress chord ini bernada dasar G, maka coba kita analisa
G A B C D E F
I II III IV V VI VII 

Analisa :
1. Chord D, dalam G major chord D nempatin posisi chord V, yang mana menurut rumus kita V chords adalah selalu major (benar)
2. Chord G, dalam G major chord G nempatin posisi chord I, yang mana menurut rumus kita I chords adalah selalu major (benar)
3. Chord Bm, dalam G major chord B nempatin posisi chord III, yang mana menurut rumus kita III chords adalah selalu minor ( benar)
4. Chord A, dalam G major chord A nempatin posisi chord II, yang mana menurut rumus kita II chords adalah selalu minor (salah)

Dari fakta nomor 4, baru kita bisa mengetahui bahwa kalo nada dasar lagu ini dari G seharusnya chord A dalam lagu itu adalah A minor dan bukan A major. Yang benar adalah, nada dasar untuk urutan chord di atas adalah D major. Karena dalam D major terdapat G major, B minor, A major dan pastinya D major.

Definisi Chord

Menurut gue chord tuh 2 nada atau lebih yang dimainin bersamaan sehingga terbentuk suatu iringan atau backsound yang jika diisi nada yang tepat akan membuat suatu lagu lebih enak didenger dan dapat nimbulin nuansa pada lagu tersebut, mungkin bisa senang, sedih, ramai, lesu dan sebagainya tergantung pendengar. Nah, berikut adalah hubungan pembentukan chord dan nada dasar.
1.Chord major
Sebetulnya gue kurang tahu kenapa disebut chord major, tapi yang gue rasain chord major itu kadang memberi suasana riang, terang, senang, lebih bright lah.
langsung aja pada contohnya, misalkan gue ingin ngebentuk C major,
maka tahap pertama adalah nentuin bahwa C berfungsi sebagai root (nada pertama), tentukan kumpulan nada dasar dari C=Do yaitu
C-D-E-F-G-A-B-C
urutannya:    1-2-3-4-5-6-7-8
maka nada yang kalo disusun akan ngebentuk chord C major adalah nada urutan 1-3-5, yaitu C-E-G. Artinya kalo dalam suatu instrument musik secara bersamaan dibunyiin nada C-E-G, akan membentuk bunyi Chord C major. Begitu juga kalo pengen ngebentuk chord F major, pertama tentuin nada-nada penyusun nada dasar F=Do, yaitu F-G-A-B#-C-D-E-F, jadi nada penyusun Chord F major yaitu F-A-C.

2.Chord Minor
Gue juga kurang tahu apa maksudnya kata minor, tapi yang gue rasain pada chord minor itu ngasih suasana sedih, kadang hangat, dan kasihan.
Untuk ngebentuk chord minor ada perbedaaan susunan nada dasar, setelah ditentuin rootnya dulu, pada pembentukan chord minor, root-nya sama dengan nada La alias ke-6 dari urutan do-re-mi-fa-sol-la-si-do, jadi nada dasar harus disusun ulang dengan awalan mulai dari  nada ke-6, dan disebut tangga nada minor, dengan urutan la-si-do-re-mi-fa-sol-la. Trus pada tangga nada minor, nada La berlaku sebagai nada ke-1. Dan urutan nada pembentuk chord minor adalah nada ke 1-3-5 pada tangga nada minor.
Contohnya gue pengen ngebentuk chord A minor, maka disini A berlaku sebagai root alias nada pertama penyusun chord minor, namun A juga berlaku sebagai nada ke-6 dari nada dasar tangga nada chord major, dan kalo dilihat pada tabel tentang nada dasar major diatas, A adalah nada ke-6 (La) pada C=Do. Jadi kalo diringkas:
1. Tahap nentuin posisi root pada nada dasar, pada contoh diatas, kalo pengen ngebentuk A minor berarti root-nya adalah A,
2. Cari posisi A, yaitu nada ke-6 pada tangga nada chord major,  maka dapat ditentuin nada dasarnya yaitu C=Do. Dengan nada penyusunnya C-D-E-F-G-A-B-C.
3. Susun ulang nada tersebut dengan awalnya nada A, jadi A-B-C-D-E-F-G-A dan terbentuk tangga nada minor dengan nada ke-1 adalah A.
4. Ambil nada ke-1-3-5 pada tangga nada minor, yaitu A-C-E, dan sudah dapat disimpulin kalo kita ngebunyiin nada A-C-E bersamaan akan menghasilkan bunyi Chord A minor.

Begitu juga untuk ngebentuk chord lain, misalnya D minor, setelah ngikutin proses tahap diatas akan didapat nada D-F-A untuk ngehasilin bunyi D minor.
Nah, dari keseluruhan chord major dan chord minor, ada susunan keluarga chord yang punya nada-nada yang kalo dikumpulin akan ngebentuk nada dasar major kembali. Contohnya pada nada dasar C=Do yang isinya C-D-E-F-G-A-B-C, dapat ditentuin keluarga chord yang dimana nada-nada penyusun chord itu merupakan bagian dari tangga nada C=do semua, diantaranya,
C major = C-E-G
D minor = D-F-A
E minor = E-G-B
F major = F-A-C
G major = G-B-D
A minor = A-C-E
B dim      = B-D-F

Nah, kalo diperhatiin seluruh nada penyusun chord diatas semuanya merupakan bagian dari nada penyusun C=Do.
Jadi disimpulin kalo kita lihat urutannya, pada suatu nada dasar major, chord yang digunain agar ngebentuk lagu yang harmonis:
nada ke -1 jika berfungsi sebagai root akan bisa dibentuk chord Major
nada ke -2 jika berfungsi sebagai root akan bisa dibentuk chord Minor
nada ke -3 jika berfungsi sebagai root akan bisa dibentuk chord Minor
nada ke -4 jika berfungsi sebagai root akan bisa dibentuk chord Major
nada ke -5 jika berfungsi sebagai root akan bisa dibentuk chord Major
nada ke -6 jika berfungsi sebagai root akan bisa dibentuk chord Minor
nada ke -7 jika berfungsi sebagai root akan bisa dibentuk chord diminished
dengan nada dasar C=do, urutan:
C-D-E-F-G-A-B-C
1-2-3-4-5-6-7-8
chord yang akan harmonis dan satu nada dasar jika chord yang dipake yaitu:
C major – D minor – E minor – F major – G major – A minor – B diminished
Namun beda untuk nada ke-7 yaitu B jadi B diminished, dan cara pembentukannya pun beda dengan cara pembentukan chord major maupun minor dan biasanya jarang digunain untuk lagu-lagu pop.

TRIK HUBUNGAN CHORD MAJOR DAN MINOR
Ada hubungan yang bisa dianggap sebagai trik bagi gue untuk nentuin chord minor atau major jika salah satunya diketahui. Triknya dengan mengetahui nada penyusun chord tersebut. langsung aja pada contoh, misalkan gue cuma tau chord C major dan gue tau penyusunnya (1-3-5) yaitu nada C-E-G, maka akan dapat dengan mudah nentuin chord C minor yaitu dengan nurunin setengah nada pada nada ke-3 yaitu E jadi D#, sehingga kalo gue ngebunyiin nada C-D#-G bersamaan akan ngehasilin chord C minor dan jelas tanpa harus nyusun dan ngelakuin tahap-tahap pada pembentukan chord minor. Begitu juga sebaliknya, kalo gue cuma tau Chord E minor dan nada pembentuknya yaitu E-G-B, maka untuk ngehasilin Chord E major tinggal naikin nada G setengah nada menjadi G# dan disusun kembali jadi E-G#-B dan itu sudah jadi nada pembentuk E major.

MENGETAHUI POLA CHORD PADA SUATU LAGU
Setelah mengetahui nada dasar dari suatu lagu, kita dapat nentuin nada-nada yang akan harmonis kalo dimainin pada lagu tersebut, dan kini kita dapat mengetahui chord apa saja yang akan enak dan lebih tepat kalo dimainin pada lagu tersebut, sehingga dalam ngulik chord pada suatu lagu kita tidak asal-asalan mencoba semua chord, namun cukup mencoba chord-chord yang sesuai dengan nada dasar pada lagu aja.
Ada banyak pola-pola yang biasanya sering dimainin dalam lagu, namun kadang pola setiap lagu tersebut sama, diantaranya urutan chordnya dengan nada dasar C=do:
1-6-4-5 (urutan chord-nya C major – A minor – F major – G major)
1-6-2-5 (urutan chord-nya C major – A minor – D minor – G major)
1-5-6-5-4-3-4-5 (urutan chord-nya C major – G major – A minor – G major – F major – E minor – F major – G major)
1-5-6-3-4-1-4-5 (urutan chord-nya C major – G major – A minor – E minor – F major – C major – F major – G major)
pola yang lainnya bisa diketahui asalkan sering-sering ngulik lagu itu dan mengetahui nada dasar setiap lagunya.

Biografi Dream Theater


Dream Theater adalah salah satu grup progressive metal paling terkenal di dunia saat ini. Didirikan oleh Mike Portnoy, John Petrucci dan John Myung, mereka udah ngerilis delapan album studio, empat rekaman live dan satu album pendek (EP). Album pertama mereka, When Dream And Day Unite direkam dengan Charlie Dominici yang jadi vokalisnya dan Kevin Moore yang jadi keyboardisnya. Dominici berumur jauh lebih tua dibandingin anggota lainnya dan pengen mainin musik yang lain, jadi ia kemudian keluar dari grup. Mereka langsung nyariin pengganti yang ideal selama 2 tahun sampai akhirnya ketemu dengan James LaBrie, vokalis dari Kanada melalui audisi.
Bersama LaBrie mereka ngerekam Images And Words yang melambungkan nama mereka ke jajaran internasional dengan hit "Pull Me Under" dan "Another Day". Awake adalah album terakhir mereka dengan Moore yang kemudian digantiin oleh Derek Sherinian untuk album Falling Into Infinity. Pada akhirnya Sherinian juga digantiin oleh Jordan Rudess dan formasi ini masih bertahan sampai hari ini. Mereka udah ngeluncurin album konsep Metropolis 2: Scenes From A Memory dan album ganda Six Degrees Of Inner Turbulence. Pada tahun 2003 mereka mutusin untuk ngerekam album non-konsep Train Of Thought, thrash metal seperti Metallica. yang sangat dipengaruhi oleh grup
Album terbaru mereka yang berjudul Octavarium diluncurin pada tanggal 7 Juni 2005 dan selain merupakan album studio kedelapan juga mengandung delapan lagu.
Abis Dream Theater ngeluncurin album Live mereka dalam memperingati 20 tahun Dream Theater terbentuk yang berjudul Score yang direkam pada tanggal 1 April 2006 di Radio City Music Hall,US. Mereka kembali bersiap ngeluncurin album ke sembilan mereka dengan ngebawa bendera label record baru yaitu RoadRunner Records, mereka udah nyelesain album Systematic Chaos yang berisi 8 lagu dan akan diluncurin pada tanggal 5 Juni 2007 di US.
Dream Theater dibentuk pada bulan September 1985, pas gitaris John Petrucci dan bassis John Myung mutusin untuk ngebentuk sebuah band untuk ngisi waktu luang mereka ketika bersekolah di Berklee College of Music di Boston. Mereka lalu ketemu seorang pemain drum, Mike Portnoy, di salah satu ruang latihan di Berklee, dan setelah dua hari negosiasi, mereka berhasil ngajak Mike Portnoy untuk gabung. Abis itu, mereka bertiga ingin ngisi dua tempat kosong di band tersebut, dan Petrucci nanya ke teman band, Kevin Moore, untuk menjadi pemain keyboard. Dia setuju, dan pas Chris Collins diajak untuk menjadi vokalis, band tersebut udah komplit.
Dengan lima anggota, mereka mutusin untuk ngenamain band tersebut dengan nama Majesty. Menurut dokumentasi DVD Score, mereka berlima lagi ngantri tiket untuk konser Rush di Berklee Performance Center. Ketika ngedengarin Rush dengan boom box, Portnoy lalu ngomong bahwa akhiran dari lagu tersebut (Bastille Day) terdengar sangat "majestic". Pada saat itulah mereka mutusin Majesty adalah nama yang bagus untuk sebuah band, dan tetap bagus sampai sekarang.
Pada saat - saat tersebut, Portnoy, Petrucci dan Myung masih berkutat dengan kuliah mereka, juga dengan kerja paruh waktu dan ngajar. Jadwal mereka jadi makin ketat sehingga mereka harus memutusin antara ngejar karier di bidang musik atau ngakhirin band Majesty. Namun akhirnya Majesty menang dan mereka bertiga keluar dari Berklee untuk konsentrasi di karier musik. Petrucci ngomentarin hal ini di dokumentasi DVD Score, bahwa saat tersebut sangat susah untuk minta kepada orang tuanya untuk pergi ke sekolah musik. Dan lebih susah lagi untuk ngeyakinin orang tuanya agar ia boleh keluar dari sekolah.
Moore juga akhirnya keluar dari sekolahnya, SUNY Fredonia, untuk berkonsentrasi dengan band tersebut.

Biografi Avenged Sevenfold


Avenged Sevenfold atau biasa disingkat jadi A7X adalah band Hard Rock dan Metal Core yang berasal dari Huntington Beach, California.
Band ini dibentuk di tahun 1999 di Huntington Beach, California yang anggota aslinya tuh M. Shadows, Zacky Vengeance, The Rev dan Matt Wendt. yang ngasih nama bandnya yang referensinya berasal dari cerita Cain dan Abel dari Bible, meskipun demikian, mereka tuh bukan band agamis. Saat pembentukannya, masing-masing anggota band ini make nama samaran yang juga merupakan nama panggilan mereka saat bersekolah di SMA. Sebelum ngerilis album debut mereka, band ini ngerekam dua demo pada tahun 1999 dan 2000. Album pertama mereka, Sounding the Seventh Trumpet, direkam pas para anggota band masih berumur delapan belas tahun dan juga masih sekolah di SMA. album ini awalnya dirilis oleh perusahaan label pertama mereka, Good Life Record pada tahun 2001. Abis gitaris Synyster Gates bergabung dengan band, pada akhir 1999 pas ia berusia 18 tahun, lagu "To End the Rapture" direkam ulang dengan nampilin anggota penuh band. Album ini kemudian dirilis ulang pada Hopeless Records pada tahun 2002.
Band ini lalu mulai nerima pengakuan, mereka tampil dengan band-band seperti Mushroomhead dan Shadows Fall dan main di Take Action Tour. Abis bassist keempat mereka, Johnny Christ gabung pas Agustus 2003, A7X nerima pengakuan oleh Billboard dan The Boston Globe, dan juga main di "Vans Warped Tour". Pada tahun 2004, Avenged Sevenfold ngadain tur kembali di "Vans Warped Tour" dan ngerekam video untuk lagu "Unholy Confessions " yang masuk tangga lagu di MTV2's Headbanger's Ball. Nggak lama abis ngerilis Waking the Fallen, Avenged Sevenfold ninggalin Hopeless Records dan nandatanganin kontrak yang diajukan oleh Warner Bros dan gabung secara permanen.

Biografi L'Arc~en~Ciel

Nah, kali ini gue bakalan posting tentang biografi berbagai band favorit gue. Dan postingan pertama tentang biografi ini gue tujuin untuk  L'Arc~en~Ciel. Band ini adalah band yang paling gue senengin, dan band ini juga yang paling nginfluence gue.


 L'Arc~en~Ciel adalah nama grup band Jepang beraliran J-Rock. Di Jepang band ini sering disebut Laruku. Anggota band ini adalah Hyde (vokal), Ken (gitar), Tetsu (bassist influence gue nih, haha), dan Yukihiro (drum). Band ini didirikan oleh Tetsu pas Februari 1991. Nama " L'Arc~en~Ciel" asalnya dari sebuah kata dalam bahasa Perancis yang berarti "lengkungan di langit" atau "pelangi", nama ini diambil dari judul sebuah film Perancis yang pernah ditontonin Tetsu.
Di Jepang aja, band ini telah ngejual lebih dari 25 juta kopi album dan single.
Band ini sempet gonta-ganti formasi, mantan personel yang sempet gabung di band ini adalah:
- Pero (drum) (1991-1992)
- Sakura (drum) (1992-1997) digantiin oleh Yukihiro karena make narkoba dan dijeblosin ke penjara.
- Hiro (gitar) (1991-1992)

Awal cerita dari band ini nih dimulai dari kota Osaka, sekitar awal tahun 1991, dua orang remaja bernama Tetsu dan Hiro ngebentuk sebuah grup band. Tetsu berperan jadi bassist dan vokal, trus Hiro jadi gitaris. Waktu itu Hyde masih jadi gitaris di sebuah band bernama Kiddies Bomb, yang kemudian ganti nama jadi Jerusalem’s Rod dan Hyde ganti posisi jadi vokalis (walaupun saat itu ia sama sekali nggak tertarik dengan perannya itu).
    Pada suatu hari Tetsu nyaksiin penampilan grup band tersebut untuk kali pertama. Ketika itu ia yakin kalo Hyde tuh orang yang tepat untuk ngisi posisi vokal di grup band-nya. Jadi, selama beberapa waktu ia terus ngikutin penampilan band tersebut, hingga akhirnya ia mutusin untuk ngajak Hyde dan rekannya di Jerusalem’s Rod, Pero untuk gabung dengannya. Abis beberapa kali ngadain session, Hyde akhirnya mutusin untuk ninggalin band lamanya dan gabung bersama band Tetsu. Maka terbentuklah formasi paling awal
    L'Arc~en~Ciel, yakni Tetsu (bass sekaligus pemimpin band), Hyde (vokal), Hiro (gitar), dan Pero (drum).
    Nama L’Arc~en~Ciel sendiri diusulin oleh Tetsu yang terinspirasi oleh sebuah film Perancis yang berjudul sama. L’Arc~en~Ciel diambil dari Bahasa Perancis yang memiliki arti PELANGI.
    Penampilan live pertama mereka yaitu pada tanggal 30 Mei 1991 di Nanba Rockets. Malah ketika itu sang pemilik panggung mikir bahwa L’Arc~en~Ciel akan menjadi sangat terkenal, dan hal itu terbukti beberapa tahun kemudian.

    Mengubah Kartu

    Effects : Anda mampu ngebuat kartu yang anda pegang seolah-olah berubah


    Persiapan : Lakukan "palming" satu kartu di tangan kiri anda.

    "Palming" tuh salah satu trik dasar sulap kartu.  "Palming" tuh nyembunyiin kartu dari pandangan penonton di telapak tangan.


    Cara melakukan palming :

    Berlatihlah di depan cermin. Tempatkan satu kartu di tangan anda. Tekuklah kartu ke arah depan agar kartu dapat tersembunyi dengan sempurna. Jika telapak tangan anda nggak cukup besar untuk nyembunyiin kartu dengan sempurna, gunakan kartu yang ukurannya lebih kecil.


    Prosedur :

    1. Sembunyiin satu kartu dengan telapak tangan kiri menggunakan teknik "palming. Pastiin tangan kiri tetep terlihat natural, seolah-olah nggak lagi megang kartu.





    2. Pegang satu pak kartu dengan tangan kanan, posisi horizontal (mendatar), ngadep ke arah penonton.





    3. Bilang bahwa anda akan ngubah tuh kartu yang ngadep ke arah penonton. Gunakan telapak tangan kiri anda untuk nutupin kartu di tangan kanan anda.





    4. Tinggalin kartu yang anda "palming" di telapak tangan kiri ke telapak tangan kanan. Angkat tangan kiri dari tumpukan kartu di tangan kanan. Kartu paling depan seolah-olah terlihat berubah.



    Card Sensing

    Effects : Anda bagi dua tumpukan kartu, dan diserahin ke seorang penonton untuk ngambil tumpukan yang bawah. Tumpukan yang anda pegang tuh dibagi dalam posisi tertutup di atas meja secara nggak beraturan. Penonton ngambil satu kartu dari tumpukannya, dan dengan metode sensing anda bisa nemuin kartu dari atas meja yang kalo dijumlahin nilai dan lambangnya sama dengan yang diambil oleh sang penonton.

    Persiapan :
    1. Taruh As Keriting, 2 Hati, 4 Sekop, dan 8 Wajik di tumpukan paling atas. Hapalin urutannya. Agar mudah, untuk ngapalin nilainya lakukan dengan A248, dan untuk ngapalin lambangnya dengan singkatan KHSW.

    2. Bagi dua tumpukan kartu. Pastiin di tumpukan kartu yang anda pegang ada kartu As Keriting, 2 Hati, 4 Sekop, dan 8 Wajik di tumpukan paling atas. Suruh penonton ngambil satu tumpukan lainnya.

    3. Kalo anda bisa mengocok kartu tanpa ngubah susunan 4 kartu paling atas, kocoklah kartu di tangan anda.

    4. Trus, bagi kartu secara acak dan nggak beraturan, dalam posisi tertutup ke atas meja. Pastiin anda ingat posisi kartu As Keriting, 2 Hati, 4 Sekop, dan 8 Wajik. untuk ngehindarin kesalahan, letakkan 4 kartu tersebut dalam posisi berdekatan.

    5. Suruh penonton ngambil satu kartu dari tumpukannya. Suruh ia menyebutin kartunya. Bilang bahwa anda akan ngambil kartu yang sama nilai dan lambangnya dengan kartu yang diambil oleh penonton, dari kartu-kartu tertutup di atas meja (As=1, Jack=11, Queen=12, King=13) dengan metode sensing atau clairvoyant.

    6. Abaikan kartu lain di atas meja kecuali 4 kartu (As Keriting, 2 Hati, 4 Sekop, dan 8 Wajik) yang sudah anda ingat posisinya tadi. Misal kartu yang diambil penonton adalah 5 hati. Ambillah kartu As Keriting, 2 Hati, dan 4 Sekop. Buka kartu 2 hati, dan bilang "Kartu ini mewakili lambang kartu anda (hati)". Trus buka kartu As Keriting dan 4 Sekop dan bilang," Dua kartu ini mewakili nilai kartu anda,yaitu 4 ditambah 1 sama dengan 5"

    Contoh lain : Misal kartu penonton King Sekop. Ambil kartu 4 Sekop dan bilang "Kartu ini mewakili lambang kartu anda (sekop)". Ambil lagi kartu As Keriting dan 8 wajik, buka di sebelah kartu 4 sekop dan bilang "Ketiga kartu ini jika dijumlahkan mewakili nilai kartu anda (1+4+8= 13, 13=King)"

    Tips : Cuma dapat dilakukan satu kali ke audiens yang sama, kecuali anda ngubah tuh lambang kartu yang dijadikan kartu kunci (misal As Wajik, 2 Sekop, 4 Keriting, 8 Hati).

    Rabu, 01 Desember 2010

    Sulap Angka

    Effects :
    Anda bisa nebak angka-angka yang dipikirin penonton.

    Prosedur:
    1.  Pilih 1 penonton diantara kumpulan penonton
    2.  Mintalah ke penonton untuk nulis 3 angka, misal 579 tanpa ngasih tau anda
    3.  Mintalah ke penonton untuk ngebalikkin angka tadi, misal 579 sekarang di balik jadi 975
    4. Suruh penonton untuk ngurangin ke2 bilangan tersebut, ingat yang di atas tuh angka yg terbesar dan sebaliknya
    5.  Suruh penonton ngurangin hasilnya, 975-579=396
    6.  Minta penonton untuk ngasih tau anda angka yg depan, lalu penonton bilang “3″, bilangan di tengah tuh pasti angka 9, kalo penonton bilang 3,  anda tinggal ngurangin angka 9 dgn 3=6 jadi hasil seluruhnya 396

    Trik Super Memory

    Effects  : Anda dapat mengingat dengan tepat 8 digit angka yang disebutkan sukarelawan, dan nyebutin satu angka yang dicoretnya.

    Persiapan  :
    Anda mesti punya kemampuan menjumlahkan satu digit angka dengan cepat, serta daya konsentrasi yang tinggi.

    Prosedur  :
    1. Suruh seorang penonton nulis 8 angka secara acak, misalkan 59657832
    2. Minta ia nyebutin angka yang ditulisnya satu per satu, dengan tempo yang agak lambat (jeda kurang lebih 2 detik setiap satu angka)
    3. Saat si penonton nyebutin angka-angkanya, dalam hati jumlahkan angka-angka tersebut. Dalam kasus ini, 5 + 9 + 6 + 5 + 7 + 8 + 3 + 2 = 45.
    4. Ingat baik-baik angka hasil penjumlahan yang didapat di poin nomor 3. Sekarang, suruh sukarelawan mencoret satu angka lalu mengacak ke-7 angka yang tersisa. Misal si penonton mencoret angka 9, dan ngubah urutan menjadi 5782365.
    5. Suruh si penonton nyebutin ketujuh angka yang sudah diacak satu per satu, dengan tempo yang agak lambat (jeda kurang lebih 2 detik setiap satu angka)
    6. Pas si penonton nyebutin angka-angkanya, dalam hati jumlahkan angka-angka tersebut. Dalam hal ini 5 + 7 + 8 + 2 + 3 + 6 + 5 = 36. Ingat angka ini.
    7. Ingatin kalo tadi si sukarelawan bebas memilih 8 digit angka, mencoret satu angka, dan mengacak susunannya. Bilang kalo dengan ingatan super, anda mampu nebak satu angka yang dicoret oleh sukarelawan.
    8. Untuk nebak angka yang dicoret sukarelawan, kurangkan angka hasil penjumlahan yang pertama kali anda ingat (pada poin nomor 3) dengan angka hasil penjumlahan baru si sukarelawan (poin nomor 6). Untuk kasus ini, 45-36=9. Berarti angka yang dicoret sukarelawan adalah 9.

    Trik Menebak Hari dalam Kalender

    Effects :
    Anda bisa nebak hari dari tanggal pada tahun-tahun yang sudah lampau, bahkan anda bisa nebak hari pada tahun-tahun yang akan datang.
    Penjelasan :
    Yang anda perlu tuh sebenernya adalah kemampuan buat ngapalin kode hari, kode bulan, dan kode tahun. Kesulitan terbesar di trik ini tuh saat harus ingat kode bulan dan kode tahun yang dipilih oleh sukarelawan.
    *Kode Hari
    Senin : 1
    Selasa : 2
    Rabu : 3
    Kamis : 4
    Jumat : 5
    Sabtu : 6
    Minggu : 0
    *Kode Bulan
    Januari : 6 (pada tahun kabisat : 5)
    Februari : 2 (pada tahun kabisat : 1)
    Maret : 2
    April : 5
    Mei : 0
    Juni : 3
    Juli : 5
    Agustus : 1
    September : 4
    Oktober : 6
    November : 2
    Desember : 4
    Tahun kabisat tuh tahun yang habis tepat dibagi 4. Contoh : 2000, 1996, 1992, 2008, 2004, 2012, dsb)
    *Kode Tahun
    1989 : 7
    1990 : 1
    1991 : 2
    1992 : 4
    1993 : 5
    1994 : 6
    1995 : 7
    1996 : 2
    1997 : 3
    1998 : 4
    1999 : 5
    2000 : 0
    2001 : 1
    2002 : 2
    2003 : 3
    2004 : 5
    2005 : 6
    2006 : 0
    2007 : 1
    2008 : 3
    2009 : 4
    2010 : 5
    2011 : 6
    2012 : 1
    2013 : 2
    2014 : 3
    2015 : 4
    Abis ngapalin kode-kode tersebut, Untuk nebak hari, gunakan rumus berikut :
    1. (Kode Bulan + Tanggal + Kode Tahun)
    2. Kurangi angka pada hasil penjumlahan di poin nomor 1 dengan kelipatan angka 7 yang paling dekat
    3. Cocokkin hasil di poin nomor 2 dengan “kode hari” di atas.
    Contoh :
    Jatuh pada hari apakah tanggal 6 Juli 2009?
    1. 5 + 6 + 4 = 15
    2. 15 - 14 = 1. Kode hari 1 tuh hari Senin.
    3. Jadi, tanggal 6 Juli 2009 jatuh di hari Senin
    Jatuh pada hari apakah tanggal 3 Februari 2004 (Tahun Kabisat)?
    1. 1 + 3 + 5 = 9
    2. 9 - 7 = 2. Kode hari 2 tuh hari Selasa
    3. Jadi, tanggal 3 Februari 2004 jatuh di hari Selasa.

    Etika Mempelajari Magic

    Sebelum gue ngasih tau trik” yang gue kuasai, gue mesti ngasih tau kalo mempelajari magic pun ada etikanya. Etika ini harus dipatuhi oleh setiap magician. Jadi kalo anda cuma mau mempelajari magic hanya untuk menjatuhkan magician lain, mending anda pikir-pikir lagi buat mempelajari trik sulap. So, Ini daftar etikanya:

    1. Gunakan Magic yang Anda Pelajari Untuk Kebaikan

    Ini adalah landasan dasar dari setiap ilmu yang anda pelajari. Gunakanlah magic yang anda pelajari untuk menghibur orang, bukan untuk merusak sebuah show atau menghancurkan nama baik seorang magician. Ingat, mengetahui sebuah trik magic gak berarti membuat anda mampu menampilkan magic tersebut di atas panggung. Menurut gue, orang yang mampu menampilkan satu magic show yang berkualitas jauh lebih baik dibandingkan orang yang membongkar seribu trik magic.


    2. Be Responsible

    Bertanggung jawablah untuk setiap trik yang anda mainkan, setiap aksi panggung yang anda lakukan, juga setiap kata yang anda ucapkan. Pelajari dengan cermat plus-minus serta risiko (fisik maupun non-fisik) yang akan anda dapat pas mainin sebuah trik. Lakukan secermat mungkin, jadinya gak ada penonton yang merasa dibodohi, disakiti hatinya, ataupun merasa terhina oleh pertunjukan magic anda. Ingat, tujuan nampilin sebuah pertunjukan magic adalah untuk menghibur audiens, bukan untuk mamerin kalo diri anda yang paling hebat.


    3. Berusahalah Untuk Menjaga Rahasia

    Kalo anda berniat pengen membuka rahasia permainan sulap anda, pikirkan dulu seribu kali. Apakah rahasia yang anda buka memberi manfaat positif bagi diri anda ataupun orang lain? Apakah anda bener-bener harus membongkar trik magic yang anda mainin?

    4. Kontrol Diri Anda

    Nggak cuma dalam melakukan magic show, tapi juga dalam berkata-kata, berkomentar, dan berpendapat. Kalo anda merasa sebagai seorang magician atau pecinta magic, kontrol setiap kata yang anda ucapin saat berkomentar tentang magic show, magic trick, atau magician. Berikanlah pujian atau applause kalo anda merasa seneng atau terhibur. Jangan segan untuk ngasih kritik kalo anda menemukan suatu hal yang kurang berkenan. Satu hal yang mesti anda ingat dalam ngasih kritik : Pastikan kalo kritik anda tuh benar-benar membangun, bukan cuma sekedar luapan emosi sesaat yang diikuti dengan banyak kata-kata hinaan. Kalo anda pengen mengontrol pikiran orang lain, anda mesti bisa mengontrol diri anda terlebih dahulu.

    5. Hargailah Para Pekerja Misteri

    Anyway, para pekerja misteri udah ngasih hiburan alternatif bagi kita. Para magician, trickmaster, ataupun orang-orang yang bergerak di belakangnya telah melakukan pengorbanan yang nggak sedikit. Kalo anda nggak mampu mengapresiasi mereka, lebih baik diam. Pikir seribu kali kalo anda pengen melontarkan hinaan pada para pekerja misteri. Apakah anda lebih baik dari mereka? Apakah anda bisa nampilin magic show yang lebih berkualitas dari mereka? Apakah anda telah ngerjain sesuatu yang lebih bermanfaat dari para pekerja misteri tersebut?


    6. Bagi para Magician yang pernah merasa terbongkar triknya, terhina, ataupun sakit hati……

    Anda mesti seneng, para pekerja misteri yang pernah dihina, dibongkar triknya, dan disakiti hatinya dengan berbagai komentar yang nggak mengenakkan. Itu artinya anda telah menjadi “sesuatu” di mata orang lain. Makin tinggi pohon, makin kencang angin yang menerpanya. Kalo anda adalah seseorang yang puas dengan cuma berdiam diri di rumah tanpa mencoba berkreasi, nggak akan ada orang lain yang mau bersusah-payah menjatuhkan anda.
    Semua pesulap besar pernah ngalamin hal ini. Mulai dari Harry Houdini, David Copperfield, David Blaine, Deddy Corbuzier, Romi Rafael, Joe Sandy, dan masih banyak lagi. Kuncinya cuma satu : TETAP BERKARYA. Terbukti, magician-magician yang gue sebutin tadi sampai saat ini masih tetap eksis, bahkan melegenda. Tapi apa yang terjadi dengan orang-orang yang merendahkan, menghina, dan menjelek-jelekkan? Tak satupun yang terdengar gaungnya…

    Well, itulah daftar-daftar etika yang mesti anda patuhin. Pesan gue, kalo anda memang pengen menjadi pekerja misteri ataupun hanya sekedar penikmat magic, gunakanlah akal dan hati nurani dalam setiap hal yang akan anda lakuin. Jangan pernah ngerjain hal-hal yang bertentangan dengan akal dan hati nurani anda, karena hal itu dapat mempengaruhi pendapat orang lain terhadap anda.

    First Posting

    Ini baru pertama kali gue nulis blog, jadi wajar kalo postingannya masih standar. Maklum, gue masih newbie. Haha. Nama gue Denny Ramadi Halim, bisa dipanggil Denny. Gue sebenernya bikin blog ini karena tugas, itung-itung nambahin ilmu bidang teknologi lah. Wkwk. Gue lahir tanggal 8 Juni 1994 dan gue sekarang sekolah di SMAN 17 Palembang, kelas XI. Mungkin sebagian besar isi blog ini tentang seputar musik dan share tentang trik-trik sulap. Semoga blog ini ngasih manfaat buat kita.
    So, sekian perkenalan dari gue, see you later guys.