Kamis, 02 Desember 2010

Membaca Progresi Chord

Mungkin bagi gitaris yang sudah mahir, tips ini sudah pasti dikuasai, dan bahkan tidak diperlukan karena sense of feeling-nya sudah sangat baik. Tapi bagi gitaris pemula, semoga tips ini bisa membantu untuk mencari progression chord ( kunci ) pada suatu lagu.
Tips ini berlaku pada kebanyakan lagu pop Indonesia, karena kebanyak lagu pop Indonesia memiliki progression pada tangga nada diatonis yang mudah diprediksi kemana chord-nya akan bergerak.
Syarat awal untuk bisa melakukan tips ini adalah gitaris harus paham konsep nada mayor dan minor seperti yang udah gue jelasin di postingan sebelumnya
Setelah paham konsep nada mayor dan minor, ikuti langkah berikut 
1. Cari tahu nada dasarnya 
Baca postingan sebelumnya.
2. Susun sebuah urutan nada dari nada dasar tersebut. 
Baca postingan sebelumnya. 
3. Menentukan perubahan mayor minornya. 
Tentukan mayor minornya dengan pola berikut: Mayor minor minor Mayor Mayor minor diminished

Jika contoh di atas diterapkan, dengan nada dasar C, progresinya adalah:
C Dm Em F G Am Bm7-5
atau begitu pula dengan yang minor.

Tips ini memang tidak bisa berlaku pada semua lagu. Tapi karena kebanyakan lagu pop Indonesia progresinya pada diatonis natural dan hanya terdapat satu progresi di dalammya. Sehingga jika kita menemukan lagu dgn chord awal C, maka hampir bisa dipastikan chord-chord dalam lagu tersebut adalah salah satu dari susunan di atas. Jadi hampir jarang ditemukan chord D mayor pada lagu dgn nada dasar C Mayor. Kecuali di lagu tersebut menerapkan substitusi, paralel minor/mayor, dan diatonis yang tidak natural.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar